Happy Birthday Total Quality Indonesia


Hari ini tanggal 03 Oktober...keluarga besar tempat saya berkarya, yaitu di PT Total Quality Indonesia sedang berulang tahun yang ke 11. Sebelas tahun sudah perusahaan ini berkarya di Indonesia dan sekaligus dalam sebelas tahun ini juga Total Quality membantu ribuan bahkan ratusan ribu orang untuk mengalami perubahan hidup semakin maju. Bagaimana tidak, wong kerjaan kita adalah memotivasi dan membantu orang serta perusahaan menjadi lebih produktif kok..hehehe.

Perayaan hari ini hanya dibuka dengan doa bersama, kemudian diisi dengan sharing dari para pemimpin serta pendiri Total Quality dan ditutup dengan makan bersama secara sederhana. Sekilas terlihat sebuah perayaan yang biasa saja seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Tetapi dari sebuah kesederhadaan acara hari ini saya jadi mengerti apa kunci sukses dari perusahaan ini. Dari yang dulunya perusahaan kecil yang hanya terdiri dari dua orang karyawan dan ruang kantornya pun tidak lebih luas dari kamar tidur saya, hingga sekarang menjadi sebuah organisasi yang banyak dipercaya ratusan perusahaan besar di seluruh Indonesia untuk meningkatkan produktifitas.

Saya memahami 3 hal, yaaa..tiga hal itulah yang saya kira menjadi kunci suksesnya Total Quality dan memang adalah value dari Total Quality, yaitu "Trustworthy - Partnership - Contribution." Mr. Budiono Lie selaku Direktur Utama Total Quality sangat jelas menyebutkan bahwa kepercayaan adalah hal yang telah membawa Total Quality dan orang di dalamnya menjadi semakin besar. Karena kepercayaan adalah harta berharga yang tidak akan pernah bisa dibeli, tidak ada kepercayaan maka tidak ada kesempatan, jika tidak ada kesempatan maka tidak ada kesuksesan. Kemudian, Johan Yan selaku Komisaris Total Quality lanjut menyebutkan bahwa hubungan rekanan yang saling mendukung telah membuat sebuah karya yang luar biasa dan pada akhirnya sikap kontribusi menjadi kunci penting dalam membangun Total Quality menjadi sebesar ini. Lebih jelasnya yaitu dengan menerapkan 2 hal : ceng li dan jing jai.....yang mungkin juga bisa saya artikan dengan "bekerja tanpa menuntut dan memberi tanpa hitung-hitungan."

Dari momen sederhana hari ini saya jadi mendapatkan pencerahan bahwa hadiah terbaik dalam hidup bukanlah "mendapat" tetapi "menjadi". Bukan mendapat bingkisan yang banyak, karangan bunga yang indah ataupun barang-barang yang mewah. Tetapi hadiah terbaik dalam hidup adalah ketika bisa menjadi pribadi yang berkualitas, menjadi pribadi yang bertumbuh dan menjadi pribadi yang berguna.

Terima kasih untuk kepercayaan dari Mr. Johan Yan & Mr. Budiono Lie sehingga saya dapat berkarya di Total Quality. Semoga Total Quality dapat berkarya semakin hebat dan semakin memberkati banyak orang serta organisasi. Once again...Happy Birthday Total Quality! God bless..

No comments:

Post a Comment