Yang manakah Anda??


Semua orang normal selalu ingin mencapai kesuksesan, entah sukses di bagian finansial, relasi, sosial, dsb. Banyak orang mengharap sukses namun tidak semuanya bisa menuju ke tempat itu. Ada yang berkata bahwa kesuksesan itu nasib?! Tetapi yang saya ketahui bahwa kesuksesan hidup itu tergantung keputusan. Keputusan bagaimana kita merubah hidup, keputusan bagaimana kita mengatasi masalah, keputusan bagaimana kita jalani kesulitan.

Ada 3 tipe manusia yang sering kita jumpai. Dari 3 hal ini kita bisa melihat mana yang berpotensi untuk maju dan mana yang tidak. 3 tipe tersebut yaitu :
1. "Survive"
Mereka adalah orang-orang yang hidup dengan banyak keinginan. Hidupnya seperti peribahasa "Hidup segan, mati tak mau." Hidupnya serba kepepet, hidupnya selalu jangka pendek. Hidup tidak ada tujuan dan arah. Sehingga banyak orang-orang di tipe ini selalu berkata "Hidup itu seperti air mengalir lah....ikut saja kemana arus mengalir." Namun ingatlah seperti ikan di laut!! Hanya ikan mati yang berenang mengikut arus, sedangkan ikan sehat dan mahal selalu berenang melawan arus. Melawan arus bukan berarti hidup melawan aturan dan norma, tetapi hidup di atas standar orang-orang biasa. Mereka adalah orang-orang yang mau berjuang dan tidak pasrah menghadapi masalah atau tantangan.

2. "Steady"
Mereka adalah orang-orang yang hidup dengan tujuan, bukan hanya keinginan belaka. Apa bedanya tujuan dan keinginan?? Tujuan itu JELAS, keinginan itu KABUR. Tujuan itu HARUS, keinginan itu MUNGKIN. Tujuan itu TERENCANA, keinginan itu hanya NAFSU. Tujuan itu REALISTIS, keinginan itu ILUSI. Tujuan Anda punya mobil?! Mobil apa? Tipe apa? Warna apa? Tahun berapa? dan Apa sudah mulai menabung?? Kalau pertanyaan itu tidak terjawab atau terjawab dengan keraguan, maka itu bukan tujuan, itu hanya keinginan. Namun orang-orang di tipe ini agak kesulitan mencapai tujuannya karena saat menjalani kehidupan sering terjebak di dalam "comfort zone". Ketika menghadapi tantangan semangat mulai turun, niat mulai berubah dan sering berkata "yasudah..mau bagaimana lagi." Orang-orang ini sudah memiliki strart yang cukup bagus tetapi sayang tidak persistent. Tidak tahan dengan pencobaan, dan memilih untuk merubah target bukan caranya. Sehingga tidak pernah mencapai garis finish yang diinginkan.

3. "Significant"
Tipe yang terakhir ini menuntut Anda bukan hanya hidup dengan excellent tetapi juga hidup dengan significant. Artinya hidup Anda punya nilai tambah untuk sekitar, hidup anda punya manfaat untuk sekeliling. Mengejar kemampuan diri untuk mencapai target. Bukan hanya menghalalkan segala cara. Orang-orang di tipe ini adalah tipe fighter, yang tidak akan menyerah sampai apa yang ditargetkan tercapai. Orang yang tidak pernah puas sampai apa yang diinginkannya tercapai. Orang-orang yang memulai dengan baik dan juga mengakhiri dengan baik. Pada tipe ini orang tidak lagi fokus pada hal negatif, kesulitan, masalah...karena tidak ada waktu untuk itu, yang dilakukan hanyalah fokus pada yang positif, potensi, peluang dan solusi.


Banyak yang beranggapan bahwa keberuntungan memainkan peran penting dalam kesuksesan. Tapi menurut saya pribadi, "Keberuntungan itu tidak ada! Hanya ada jika itu "diciptakan" bukan hanya "diharapkan"!
Siapakah anda? Semoga Anda adalah salah satu orang yang signifikan...

No comments:

Post a Comment