W.A.K.T.U

Ada beberapa hal di dunia ini yang dibuang tetapi sangat berharga. Itulah "waktu". Waktu merupakan salah satu hal di dunia ini yang selalu dibuang tetapi sangat berharga. Waktu adalah hal yang selalu dibutuhkan seseorang tetapi seringkali juga tidak dipedulikan orang karena terlalu sederhananya. Waktu serasa sangat sempit saat semua orang membutuhkannya dan waktu seakan terlalu panjang saat tak ada seorang pun membutuhkannya. Tetapi yang pasti terjadi, waktu akan selalu berputar walau kita ingin ataupun tidak.

Ketika bicara tentang waktu, secara langsung itu juga bicara tentang hidup saya dan sekaligus menjadi teguran keras untuk hidup saya secara pribadi. Waktu memang selalu tidak pandang bulu, siapapun tidak berdaya dihadapannya dan siapapun tidak berkutik melawannya. Seperti yang saya alami, waktu yang telah berlalu dalam hidup saya selalu ingin saya ulangi jikalau itu bisa. Karena begitu menyedihkannya ketika saat ini saya melihat ke belakang apa yang saya lakukan dalam mengisi hidup dan waktu saya di dunia. Dengan waktu yang saya lalui saat ini saya hanya bisa merenungkan bahwa ternyata banyak sekali hal yang harusnya bisa saya lakukan dengan waktu yang ada. Dan banyak hal berguna yang bisa saya berikan dari waktu yang sudah Tuhan percayakan.

Ya...waktu adalah anugerah. Ketika saya menengok dan melihat para lansia dan orang-orang tua, begitu banyak dari mereka berkata andai waktu berjalan lebih lama saya akan..., andai dulu saya..., jikalau saja pada waktu itu...Banyak penyesalan yang mereka lontarkan karena waktu yang mereka miliki mereka buang dengan percuma.

Hari ini sekali lagi saya diingatkan bahwa waktu setiap orang diberikan sama, satu hari setiap orang memiliki jatah waktu yang sama, yaitu 24jam dan tidak lebih atau tidak kurang. Tetapi dari waktu tersebut ternyata begitu banyak orang yang bisa memaknai hidup dan tidak sedikit juga yang tidak. Saya hanya berpikir sejenak dan merefleksikan betapa banyak waktu yang saya buang percuma pada masa lalu dan berusaha mengingatkan diri sendiri apa yang akan saya lakukan ke depan dengan waktu yang sudah Tuhan beri di dunia ini. Ada quote yang mengatakan bahwa, "hiduplah seperti kamu mati hari esok dan belajarlah seperti kamu akan hidup selamnya." Dan saya berkomitmen dalam hati bahwa saya akan pakai waktu saya ke depan dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya karena saya tidak tahu kapan saya akan berakhir dalam dunia ini. Tetapi karena hidup ini anugerah dan adalah sebuah dosa besar jika saya tidak menggunakan waktu yang Tuhan berikan untuk sesuatu hal yang baik dan berkenan.

Hal yang unik saya pelajari bahwa semakin banyak kita memberikan kekosongan dalam waktu kita sehari-hari maka semakin banyak hal buruk yang berpotensi kita lakulan. Misal ketika kita banyak waktu kosong dan tidak melakukan apa-apa maka, percayalah kita akan cenderung melakukan hal-hal aneh dan buruk tanpa kita sadari. Waktu itu cuma titipan yang perlu kita kelola dan atur dengan sebaik-baiknya. Banyak yang berkata waktu adalah uang. Tapi menurut saya pribadi waktu sama sekali tidak sama dengan uang, waktu jauh lebih berharga daripada uang.
Dan biarlah waktu menentukan arahnya sendiri. Jangan memusingkan dengan berpikir tentang jalan hidup yang kita miliki. Tetapi pikirkanlah untuk bisa menghidupi jalan-jalan yang sudah Tuhan berikan pada kita.


Surabaya, 8 September 2014
Pk 21.12 WIB

No comments:

Post a Comment